Senin, 01 Oktober 2018

5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Udara Penuh Kabut Asap

Kota Palangka Raya belakangan ini mulai diserang kabut asap. Walaupun tidak seberapa tebal, namun lumayan mengganggu aktivitas. Terlebih lagi baunya yang menyengat itu. Berikut kami berikan 5 tips menjaga kesehatan saat udara penuh kabut asap.

1) Perbanyak minum air putih. Air dapat melunturkan partikel-partikel buruk/jahat yang dibawa oleh asap. Di saat kepungan asap, minum air putih banyak berguna sebagai detoksifikasi alami dari tubuh.
2) Perbanyak makanan bergizi. Memakan makanan bergizi sudah tentu bagus buat kekebalan tubuh di tengah kualitas udara yang tidak sehat. Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin E dan Omega-3.
3) Gunakan masker. Udara yang penuh asap tebal sama dgn kualitas udara yang buruk. Karena itu sebaiknya kurangi aktivitas di luar ruangan. Kalau memang tak bisa ditinggalkan, gunakanlah masker tiap kali berada di tempat terbuka. Supaya lebih steril, gunakan masker baru tiap bepergian.
4) Menutup jendela & pintu. Tutuplah jendela & pintu rapat-rapat. Tak peduli seberapa gerah dan pengabnya, langkah ini lebih baik ketimbang terpapar oleh partikel jahat yang ada di udara bebas. Bila memiliki AC, nyalakan saja. Biasanya AC memiliki filter untuk menyaring udara kotor.
5) Cuci tangan & wajah. Cucilah tangan & wajah setelah beraktivitas di luar. Bila hendak hasil yang maksimal, langsung mandi saja sekalian. Dengan mandi tubuh kita akan bersih dari paparan partikel jahat yang ada pada asap.

Demikian. Stay healthy, kawan! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar