Selasa, 02 April 2019

Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut

Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya pada hari Kamis tanggal 28 Maret 2019 kemarin terminal baru Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya mulai beroperasi. Berdasarkan keterangan dari otoritas resmi, untuk peresmiannya dikabarkan menyusul. Sejatinya Bandara Tjilik Riwut ini akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. Namun berhubung beliau memiliki jadwal yang padat, untuk sementara peresmian diundur dulu hingga waktu yang akan ditentukan kemudian.

Dengan bandara yang baru, Tjilik Riwut pun menambahkan rutenya. Yang pertama adalah rute Palangka Raya-Makassar dan sebaliknya. Akan segera beroperasi mulai tanggal 15 April oleh maskapai Citilink. Yang kedua adalah dibukanya kembali rute Palangka Raya-Balikpapan (dan sebaliknya) dan Palangka Raya-Pontianak (dan sebaliknya) per tanggal 4 April. Akan dioperasikan oleh maskapai Garuda Indonesia dengan menggunakan jenis pesawat ATR 72. Semoga rute-rute baru lainnya akan segera bertambah.

Bila berbicara terminal, sudah dapat dikatakan lebih bagus dan memiliki fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan terminal lama. Di terminal baru terdiri atas 2 lantai. Toilet juga sudah ramah untuk penyandang disabilitas (kursi roda). Di dalam terdapat eksalator dan lift. Akses penumpang dari terminal ke pesawat kali ini sudah dilengkapi dengan garbarata.

Dengan luas 20.553 meter persegi, terminal baru Bandara Tjilik Riwut siap melayani penerbangan bagi warga Palangka Raya maupun kota lain di sekitarnya. Bandara Tjilik Riwut yang dikelola oleh Angkasa Pura 2 ini juga menambah panjang landasan pacu menjadi 3000 m sebagai bentuk dukungan korporasi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Foto milik: @tendi99/Instagram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar